Minggu, 17 Oktober 2010

Cara Memilih Lokasi Untuk Usaha Laundry


Dalam membuat usaha apapun, lokasi adalah salah satu faktor penting. Mengapa demikian? karena, lokasi menentukan pasar dan customer seperti apa yang akan anda dapatkan. Untuk itulah, memilih lokasi yang tepat untuk usaha laundry sangat diharuskan demi kelancaran bisnis laundry anda dimasa depan.
Biasanya, dari apa yang saya pelajari dari beberapa pengusaha laundry yg saya kenal, pemilihan lokasi usaha yang dipilih mereka saat pertama kali membuka usahalaundry ini adalah:
  • Rumah Sendiri.
  • Menyewa Tempat ruko / rumah
  • Membeli Tempat Baru
Untuk anda yang baru pertama kali terjun dan masih belajar, lokasi usaha yang paling saya rekomendasikan adalah rumah sendiri. Selain bisa menutup biaya cost/pengeluaran tetap anda, membuat usaha dirumah lebih memudahkan anda untuk mengontrol usaha ini setiap waktu.

Saya ingat waktu saya pertama kali membuka laundry, saya lebih memilih membukanya dirumah agar saya tidak perlu pusing-pusing melakukan banyak riset tempat lagi seperti (ketersediaan air, keamanan, tempat menjemur dan lain sebagainya). Selain itu, karena waktu itu laundry saya baru buka dan belum banyak pegawai, bila saya tidak ada dirumah, adik perempuan atau bibi saya bisa membantu menjalankannya.
Namun, tidak semua orang cocok untuk membuka usaha ini di rumah. Buat anda yang memiliki keterbatasan seperti (kurangnya ruang, kurang baiknya pasokan air, atau tempat anda tinggal susah dijangkau) maka anda bisa menyewa tempat atau bila ada dana lebih anda bisa membeli ruko atau rumah baru.
(sewa ruko / beli ruko baru seperti diatas ini)
Point Penting Dalam Memilih Lokasi Usaha Laundry:
  1. Cek ketersediaan pasokan air (pam/sumur) dan saluran keluarnya.
  2. Cek posisi tempatnya, untuk counter laundry lebih disarankan di tempat yang ramai seperti kampus atau pusat perbelanjaan, tetapi kalau anda membuka khusus tempat cuci saja anda usahakan posisinya mudah dijangkau agen laundry anda.
  3. Cek ketersediaan ruang. Bila anda lebih suka all in one (counter dan tempat cuci disatu tempat) maka anda membutuhkan tempat yg lebih besar dibandingkan yang hanya membuka laundry tempat pencucian saja.
  4. Cek ketersediaan listrik. Mesin laundry, mesin pengering, mesin steamer dll membutuhkan watt/listrik yang besar. Usahakan ketersediaan listrik ditempat anda cukup untuk peralatan-peralatan laundry yg anda punya.
http://www.infolaundry.com/2010/07/cara-memilih-lokasi-untuk-usaha-laundry.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar